Comeny fb

Selasa, 30 Oktober 2012

Perbedaan Android, Iphone, Blackberry, Windows Mobile dan Symbian

Perbedaan Android, Iphone, Blackberry, Windows Mobile dan Symbian

Saya ingin mencoba sedikit menjawab beberapa pertanyaan rekan-rekan dikampus yang menanyakan tentang apa sih beda nya BB sama Android? atau BB sama Iphone ? atau Apa aja emangnya kelebihannya Android? Saya hanya mencoba menjelaskan secara umum agar mudah dipahami dan dapat kita cermati adanya beberapa perbedaan. Di sini saya ingin mencoba menjelaskan beberapa OS yang ada pada ponsel Smartphone yang sekarang ini banyak beredar dipasaran, informasi nya berasal dari berbagai sumber dan beberapa pegetahuan yg saya pahami. Tp saya ingin menekankan terlebih dahulu bahwa setiap Operating System pasti mempunyai segmentasi pasar yang berbeda dan masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya, so tinggal bagaimana kita menentukan pilihan kita ?


1. Android
 
Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Anda mungkin bertanya: Mengapa harus peduli tentang Android? Well, ada beberapa alasan mengapa Android memiliki potensi untuk sukses besar,alasannya sebagai berikut :
Pertama, ini merupakan platform terbuka, yang berarti bahwa setiap orang dapat men-download software development kit dan membuat aplikasi untuk Android. Hal ini memungkinkan kita untuk dapat menikmati/mendownload aplikasi tersebut lebih banyak. Sebagian besar bersifat free walaupun adapula yang berbayar, semuanya ada pada Android Market.
Kedua, Google memiliki reputasi yang sangat baik ketika datang untuk menciptakan perangkat lunak. Perusahaan layanan Gmail, suite online-nya aplikasi, dan browser Chrome sudah terbukti diterima oleh sebagian besar pengguna nya.
Ketiga, software/aplikasiyang nantinya dibuat dapat datang dari Google dan dari siapapun yang memilih untuk membuat aplikasi android nya. Sebuah perusahaan perangkat mobile pun diberi keleluasaan untuk menggunakan OS ini tanpa ada lisensi.
Mungkin sekarang kita melihat semakin maraknya Vendor Smartphone beralih menggunakan OS ini. Lantas mengapa handphone sekarang menggunakan OS Android sebagai Operasi Sistemnya? Jawabannya adalah memiliki biaya lisensi lebih murah dan sifatnya yang semi open source. Tidak hanya itu, Android tentunya akan support dengan berbagai layanan dari Google. Kita pasti sudah tahu tentang Google kan? Sebuah Search Engine yang paling banyak digunakan orang untuk saat ini. Tidak hanya murah, tapi Android mempunyai sifat yang Fleksibel. Tidak hanya handphone saja yang menggunakan Android, tapi sekarang sudah menjalar hingga ke Netbook/Tablet.
Perkiraan saya kedepannya adalah sepertinya Google sudah mempunyai Planing untuk menguasai dunia pasaran ponsel dan mungkin akan ada produk baru yang akan dikembangkan oleh Google. Kelebihan lain dari OS Android adalah karena pengembangannya bisa dibilang GRATIS, maka aplikasinya pun rata-rata GRATIS, sehingga tidak perlu bayar untuk mendownload ataupun menginstal aplikasi Android. Dan pemakaian dari OS Android pun terbilang mudah jika dibandingkan dengan OS lainnya.

2. Blackberry
 
BlackBerry adalah perangkat selular yang memiliki kemampuan layanan push e-mailteleponsms, Menjelajah Internet, dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya. BlackBerry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh perusahaan KanadaResearch In Motion (RIM). Blackberry mempunyai beberapa keunggulan diantaranya adalah layanan push emai (dimana email akan tehubung terus diponsel kita layaknya sebuah sms), chatting dengan fitur Blackberry Messengger (BBM), dan Browsing. Untuk fitur browsing dan Email pada BB akan dikompresi dahulu sehingga diterima dengan ukuran yang lebih kecil dan lebih cepat di buka.
Ada beberapa software Blackberry yang digunakan sesuai sistem operasinya diantaranya ialah :
1. BES (BlackBerry Enterprise Server)  yakni perangkat dari blackbarry yang dapat digunakan oleh jaringan e-mail yang berbasis Microsoft Exchange, Lotus Domino, dan Novell Group Wise.
2. BPS(BlackBerry Professional Software) perangkat ini biasanya digunakan bagi pengusaha kecil dan menengah, ia menyediakan berbagai fitur yang dibutuhkan karyawan, dalam sebuah paket yang mudah dipasang dan harga yang lebih murah.
3. BIS(Blackbarry internet service) perangkat lunak ini mampu mengintegrasi smartphon dengan 10 akun email yang berbasis post office protocol dan internet massage access protocol.BIS juga dapat membuka tambahan data dalam bentuk excel, word, powerpoint, pdf, zip, jpg, gif dengan tingkat kompresi data yang tinggi.
4. BlackBerry MDS(BlackBerry Mobile Data System) aplikasi ini dapat menyediakan Anda sebuah alat pengembangan untuk membangun, menyebarluaskan, serta mengatur interaksi antara BlackBerry smartphones dan aplikasi perusahaan.

3. Symbian

Symbian OS adalah sistem operasi dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan peralatan bergerak (mobile). Symbian OS memiliki antarmuka pemprograman aplikasi API (Aplication Programming Interface). Dengan adanya standar API ini membantu pihak pengembang untuk melakukan penyesuaian atas aplikasi yang dibuatnya agar dapat diinstal pada produk telepon bergerak yang bermacam-macam. Symbian OS sendiri bukanlah software yang sifatnya open source secara penuh karena meskipun terdapat ketersedian API dan dokumentasinya, yang banyak membantu pihak pengembang aplikasi untuk membuat software yang berjalan di atas sistem operasi ini, aplikasinya dapat dipublikasikan untuk umum namun tidak untuk kode source sendiri.
Kelebihan OS symbian
1. Di rancang antara gabungan computer dan ponsel.
2. symbian bersifat open application inviroment, yang dapat membuat ponsel menjadi sebuah platform bagi pengembangan bahasa dan konten.
3. modul-modulnya mudah di diimplementasikan secara fleksibel
4. multytasking,
5. mudah di kembangkan dengan inovasi yang diinginkan
6. mempunyai kemampuan mengakses data dengan cepat dan menjamin keutuhan data.

4. Windows Mobile

Windows Mobile adalah salah satu sistem operasi (OS) mobile yang dikembangkan oleh Microsoft dan di desain untuk digunakan pada smartphone dan perangkat nirkabel lainya. Versi saat ini disebut ‘Windows Mobile 6.5′. OS ini berbasis pada Windows CE 5.2 Kernel, dan fitur-fiturnya dikembangkan menggunakan Microsoft Windows API. Windows Mobile didesain sedemikian rupa agar mirip dengan versiWindows Desktop. Untuk sebagian pengguna Operating System Windows di PC mungkin tidak akan merasa asing bila menggunakan ponsel berbasis windows mobile ini. Sebagian besar fitur-fitur tersebut memang dapat dijalankan di ponsel tersebut misalnya saja : Microsoft office, email, chatting, windows media player,dll. Tiga software development Window Mobile :
  1. Windows Mobile jenis Standard dipakai untuk non touch screen
  2. Windows Mobile Professional dipakai untuk touch screen (layar sentuh)
  3. Windows Pocket PC 2000 dibagi menjadi 2 versi

5. Iphone
 
iPhone adalah telepon genggam revolusioner yang diproduksi oleh Apple Inc. yang memiliki fungsi kamera, pemutar multimedia, SMS, dan voicemail. Selain itu telepon ini juga dapat dihubungkan dengan jaringan internet, untuk melakukan berbagai aktivitas misalnya mengirim/menerima email, menjelajah web, dan lain-lain. Antarmuka dengan pengguna menggunakan layar sentuh multi-touch (atau bisa juga disebut dengan layar sentuh kapasitif) dengan papan ketik virtual dan tombol. Beberapa keunggulan dari Iphone di antaranya adanya dukungan penuh mengenai software dan aplikasi yang ada di apps store sehingga sangat memanjakan pengguna dengan berbagai game dan aplikasi terbaik dari Apple Inc.
iPhone memiliki hampir 100 ribu aplikasi yang dijual di iTunes di computer, maupun di Apps Store langsung di iPhone. Para pengguna iPhone bahkan dapat langsung membeli dan mengunduh aplikasi yang dijual di Apps Store, asalkan tidak melebihi 10MB. Menggunakan Apple bagi sebgaian kalangan merupakan gaya hidup yang lebih eksklusif dalam penggunaan perangkat mobile. Kamera yang terpasang pada Iphone memiliki resolusi 2 megapixel untuk generasi iPhone pertama dan iPhone 3G, dan 3,2 megapixel untuk iPhone 3GS. Namun, iPhone generasi pertama dan 3G tidak dapat merekam video. Tetapi dengan bantuan pihak ketiga yang banyak membuat aplikasi, hampir semua kekurangan tadi dapat diatasi. Selain itu telepon ini juga memiliki perangkat lunak yang dapat mengunggah foto. iPhone dapat memainkan video, sehingga pengguna dapat menonton televisi atau film. Sistem operasi iPhone adalah versi ringan Mac OS X tanpa berbagai komponen yang tidak diperlukan. Sistem operasi ini memakan ruang kurang lebih sebanyak 250MB. Sistem operasi dapat diupdate berkala melalui iTunes secara gratis. Dalam waktu dekat, iPhone sendiri akan segera meluncurkan  yang jauh lebih baik dari seri pendahulunya.Sekarang,kita mengenalnya dengan iPhone 4.

kWithin

0 komentar:

Posting Komentar