Comeny fb

Senin, 29 Oktober 2012

Ilmu Komputer

Pengertian Ilmu Komputer


        Ilmu komputer adalah matematika dan engineering (teknik). Matematika menyumbangkan metode analisis, dan engineering menyumbangkan metode desain pada bidang ini.
        Ilmu komputer adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan komputer dan komputasi.

 Di dalamnya terdapat teoritis, eksperimen, dan pendesainan komponen, serta termasuk di dalamnya hal-hal yang berhubungan dengan :
1. Teori-teori untuk memahami perangkat computer, program dan system
2. Eksperimen untuk pengembangan dan pengetesan konsep
3. Metodologi desain, algoritma dan tool untuk merealisasikannya
4. Metode analisis untuk melakukan pembuktian bahwa realisasi sudah sesuai dengan persyaratan yang diminta.


         Ilmu komputer adalah studi sistematik tentang proses algoritmik yang menjelaskan dan mentransformasikan informasi, baik itu berhubungan dengan teori-teori, analisis, desain, efisiensi, implementasi, ataupun aplikasi-aplikasi yang ada padanya.

 

                Cara Mudah Mempelajari Ilmu Komputer
 Adapun caranya adalah sebagai berikut:

1. Membaca Literatur-literatur tentang Komputer
Untuk mendapatkan literatur-literatur komputer tidaklah susah. Anda bisa mendapatkannya di toko buku, perpustakaan, majalah-majalah komputer atau bahkan di internet. Saat ini banyak sekali literatur internet yang bertebaran di sekitar Anda. Biasanya literatur tersebut berbentuk panduan praktis, tutorial dan informasi-informasi yang berkaitan yang ditulis oleh orang-orang yang ahli di bidang komputer. Literatur-literatur tersebut kemudian anda baca dan pahami sebagai bekal Anda untuk mempelajari ilmu komputer.

2. Memperaktekkan Langsung di Depan Komputer
Setelah Anda membaca literatur-literatur tersebut, selanjutnya Anda harus memperaktikkan apa yang Anda baca itu di depan komputer Anda. Hal ini bertujuan untuk menguatkan pemahaman Anda dan membiasakan diri untuk bekerja dengan komputer sehingga kemampuan Anda dalam bidang komputer terus meningkat berdasarkan ilmu dan pengalaman Anda.

3. Belajar Membuat Program-program sederhana
Bagi Anda yang berminat pada dunia pemerograman, Anda bisa belajar dengan cara mencoba membuat program-program sederhana di komputer Anda sesuai dengan program-program yang ingin Anda pelajari dengan sistem try and error sehingga lambat laun, Anda akan terbiasa membuat dan menjalankan program tersebut. Berdasarkan pengalaman dan pengetahuan Anda, maka perlahan tapi pasti Anda akan memahami dan menguasai apa yang Anda pelajari.
Itulah 3 cara yang bisa Anda lakukan dalam mempelajari ilmu komputer. Selain ke tiga cara itu, faktor minat, kemauan dan kedisiplinan sangat besar pengaruhnya pada keberhasilan Anda dalam memahami dan menguasai ilmu komputer. Semoga apa yang saya tuliskan pada postingan ini bermanfaat untuk Anda.

0 komentar:

Posting Komentar