Comeny fb

Selasa, 30 Oktober 2012

5 Cara Agar Pengunjung Betah Di Blog Kita

Membuat blog memang tidak sulit, siapa saja bisa membuatnya asal ada kemauan. Tidak perlu kursus apalagi harus membayar sejumlah uang demi untuk mendapatkan e-book yang berisi cara-cara membuat blog dan beberapa themplate seperti yang beberapa waktu lalu dilakukan oleh sebuah kelompok di internet. Mereka getol memasarkan barang dagangan mereka dengan spam email dan menghalalkan berbagai cara.

Banyak tips blogger di internet yang bisa anda pakai agar pengunjung betah berlama-lama di blog kita. Sebenarnya jika kita punya sambungan internet sudah cukup modal untuk membuat sebuah blog. Mungkin pengunjung mampir di blog kita datang dari referensi mesin pencari dan mereka sudah punya bayangan tentang apa yang mungkin akan mereka temukan. Tips blogger berikut akan membahas hal yang membuat mereka betah dan kemungkinan akan balik lagi ke blog kita :

1. Mudah Diakses
Buatlah blog anda mudah diakses, dengan tampilan yang sederhana namun mempunyai navigasi yang jelas akan membuat pengunjung merasa nyaman. Kecepatan akses juga dipengaruh oleh banyaknya gambar dan media di blog kita. Masih banyak orang yang mengakses internet dengan koneksi ala kadarnya maka jika mereka membuka website yang berat tentunya akan membuat mereka kapok dan tidak akan kembali lagi.

Tips bloger yang satu ini harus diterapkan agar pengunjung tidak jengkel ketika membuka blog anda. Semakin cepat halamana blog kita di loading maka semakin cepat informasi yang kita sediakan terakses oleh para pembaca. Makanya jangan memasng terlalu banyak gambar yang aneh-aneh di blog.

2. Informasi yang bermanfaat
Bayangkan anda kepasar tapi tidak menemukan apa yang akan anda beli. Sudah capek-capek jalan malah tidak menemukan apa-apa. Sudah berdesak-desakan ditambah lagi susah mencari apa yang ingin kita beli, kesel nga sih?

Makanya jika ingin serius ngeblog harus membuat content yang  informatif dengan bahasa yang lugas tanpa neko-neko langusng ke pokok pembicaraan. Buatlah postingan yang bermanfaat dan memang sesuai dengan harapan pembaca kita.

3. Gunakan Warna dan huruf yang mudah dibaca
Pernah mengunjungi blog yang berisi huruf kedap-kedip dengan warna latar menyilaukan? Jika anda merasa kesal mengunjungi blog seperti itu lalu untuk apa kita menerapkannya di blog kita.

Orang lebih suka membaca hururf yang berwarna hitam dengan latar belakang putih atau warna-warna kombinasi yang tidak menyilaukan. Gunakan tidak lebih dari tiga warna agar blog anda tidak kelihatan mencolok dan membuat mata yang membacanya perih.

4. Buat related post diakhir postingan
Apa yang akan anda lakukan setelah selesai membaca sebuah postingan? Tentunya mencari judul lain yang mungkin membuat anda tertarik. Untuk itu buatlah related post dibawah postingan.

Semakin cepat pengunjung melihat judul lain postingan kita maka semakin besar kemungkinan mereka betah membaca blog kita. Dengan judul yang memikat tapi harus tetap sesuai dengan isi postingan tentunya akan membuat pengunjung akan tertarik untuk mengklik salah satu related post.

5. Jadilah tuan rumah yang ramah
Orang akan betah bertamu jika tuan rumahanya ramah, begitu juga pengunjung blog akan merasa nyaman jika anda ramah dengan mereka. Balaslah komen-komen mereka.

Mungkin mereka bertanya di comment form dan mungkin sharing. Alahkah baiknya jika mereka mendapatkan jawaban dan merasa terbantu dengan jawaban anda. Sudah dipastikan url blog anda akan selalu ada dikepala mereka.

Itulah 5 cara untuk membaut pengunjung betah membaca blog kita, jika anda punya tips lain silahkan di share.

0 komentar:

Posting Komentar